Home » » Jateng Bangun Empat Rumah Pemotongan Hewan Modern

Jateng Bangun Empat Rumah Pemotongan Hewan Modern

Written By Unknown on Senin, 27 Mei 2013 | 12.29

Jateng Bangun Empat Rumah Pemotongan Hewan Modern

Tribun Jateng - Rabu, 24 April 2013 21:44 WIB

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan pada 2013 pemerintah provinsi akan membangun empat rumah pemotongan hewan modern, yakni di Salatiga, Boyolali, Surakarta, dan Tegal.

"Pembangunan rumah pemotongan hewan (RPH) dengan anggaran masing-masing Rp 4,5 miliar," katanya di hadapan sekitar 80 mahasiswa peserta program "Live in Education" di lereng Gunung Merapi Desa Mangunsoko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang di Magelang, Rabu (24/4/2013). 

Ia mengharapkan dengan pembangunan empat RPH modern tersebut, Jateng tidak perlu menjual sapi ke Jakarta, akan tetapi menjual dalam bentuk daging.

"Menjual dagingnya saja, dengan harapan kulitnya bisa disamak di Jateng sehingga membuat lapangan kerja baru bagi masyarakat Jateng," katanya.
Selain itu, katanya, tulang-tulang sapi yang dipotong tersebut dikumpulkan kemudian dihancurkan dan digunakan untuk campuran pupuk organik. 

"Pembangunan RPH modern itu dapat menambah lapangan kerja baru, yakni untuk mengolah kulit dan tulang sehingga akan menambah kesejahteraan rakyat. Mudah-mudahan pembangunan empat RPH itu selesai pada akhir tahun ini," katanya.

Bibit yang kembali mencalonkan diri sebagai gubernur pada Pilgub Jateng 2013 itu mengatakan sektor budi daya perikanan di Jawa Tengah juga luar biasa.

Pada 2013, katanya, di sepanjang pantai utara dari Brebes hingga Rembang akan dikembangkan budi daya udang vaname.

"Setiap kabupaten di pantura akan dicoba 20 hektare tambak untuk budi daya udang vaname yang umurnya hanya dua bulan sudah panen," katanya.

Ia mengatakan kalau uji coba tersebut berhasil, nelayan tradisional tidak perlu melaut, akan tetapi cukup memelihara udang tersebut di tambak. (*)

Editor : rajif
Sumber : Antara

Sumber Berita : http://jateng.tribunnews.com/
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PD.RUMAH POTONG HEWAN KOTA MEDAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger